Bahan Alami Yang Bisa Dijadikan Obat Untuk Penyakit Tifus

Bahan Alami Yang Bisa Dijadikan Obat Untuk Penyakit Tifus juga dikatakan sebagai salah satu cara pengobatan tradisional yang menggunakan bahan-bahan dari alam yang sudah tersedia. Indonesia dikenal sebagai salah satu negara dengan kekayaan alam melimpah seperti halnya tumbuh-tumbuhan obat tradisional. Bahkan jika Anda mencari tau lebih banyak, bahan-bahan yang mudah didapat di lingkungan kita, bisa menjadi salah satu obat alternatif yang bahkan khasiatnya lebih dari obat-obatan medis dari dokter.

Sama halnya dalam pengobatan penyakit tipes / tifus, terdapat beberapa bahan alami yang bisa digunakan untuk membantu penyembuhannya selain dengan obat-obatan medis. Berikut ini sengaja kami sajikan beberapa contoh bahan alami yang ternyata dapat dijadikan sebagai obat alternatif untuk menyembuhkan penyakit tifus, diantaranya :

Bahan Alami Yang Bisa Dijadikan Obat Alternatif Penyakit Tifus

1. Kunyit.

Kunyit telah kita kenal sebagai salah satu bahan populer yang mudah dijumpai dimanapun, dengan harga murah. Kunyit sendiri memiliki banyak sekali manfaatnya untuk kesehatan, termasuk pengobatan penyakit yang salah satunya adalah penyakit tifus. Dan bahkan kunyit diketahui memiliki beberapa senyawa alami seperti kurkumin, bisdesmetoksikurkumin, desmetoksikumin, felandren, dan berbagai zat lainnya. Anda bisa membuat olahan ramuan herbal dari kunyit untuk pengobatan tifus, diantaranya :

Siapkan 2 buah kunyit diiris tipis, daun sambiloto 11 lembar serta daun pagagan 20 lembar. Rebus semuanya dengan 4 gelas air hingga mendidih hingga tersisa kira-kira 3 gelar air.  Air rebusan tersebut diminum dalam sehari 3 x hingga penyakit tipesnya membaik.

2. Cacing tanah.

Yang kedua adalah cacing tanah. Cacing tanah cukup populer dan sering sekali disebut-sebut sebagai obat paling ampuh untuk penyakit tifus. Nah, di dalam cacing tanah ternyata memang memiliki zat antibakteri yang mampu membantu menghambat pertumbuhan bakteri penyebab penyakit tipes. Selain itu, untuk membantu pengobatan tifus dengan cacing tanah, cara pengolahannya pun sangat mudah. Caranya dengan menyiapkan 10 ekor cacing tanah yang sudah dicuci dan buang isi perutnya kemuadian rebus dengan air sekitar 500cc hingga mendidih angkat diamkan hingga hangat dan minumlah 3 x sehari, atau minum sampai benar-benar tubuh terasa membaik.

3. Mentimun.

Bahan obat selanjutnya adalah mentimun. Mentimun juga termasuk bahan yang mudah untuk ditemui dengan harga murah. Selain itu, mentimun menjadi sumber alami dari kandungan Vitamin C dan E. Kandungan lain yang terdapat dalam mentimun diantaranya berbagai jenis mineral seperti kalsium, kalium, magnesium, serta fosfor dan berbagai nutrisi yang bermanfaat untuk kesehatan serta menyembuhkan penyakit tifus. Cara membuat mentimun menjadi obat herbal alami untuk obat tipes yakni memarut timun yang masih segar hingga lembut lalu peras dan disaring kemudian minum air perasannya tersebut 3x dalam sehari.

4. Pepaya

Pepaya menjadi salah satu bahan alami lainnya yang diketahui dapat membantu menyembuhkan penyakit tifus. Pepaya mengandung banyak sekali nutrisi di dalamnya dan berperan sebagai zat antioksidan yang baik bagi tubuh. Nah untuk membuat ramuannya bisa dilakukan dengan memarut daging buah pepaya setengah matang atau muda hingga halus lalu peras, saring dan ambil airnya lalu airnya diminum dengan rutin setiap hari hingga dirasa penyakit tifus Anda membaik.

5. Daun keji beling.

Yang satu ini mungkin masih asing di teling Anda. Daun keji beling adalah salah satu tanaman liar yang mudah tumbuh di Indonesia ini dan biasanya dijadikan tanaman pagar hidup di sekitar rumah. Tanaman liar ini ternyata mampu mengobati penyakit tipes dengan ampuh lho! Tanaman keji beling memiliki kandungan bermanfaat untuk tubuh seperti Mineral, Natrium, Asam silikat, Vitamin C, B1, B2, Tannin, Fosfor, Kafeina, dan berbagai kandungan bermanfaat lainnya. Untuk membantu pengobatan tifus dengan daun keji beling, Anda bisa membuat ramuannya dengan merebus 15 daun keji beling dengan 2,5 liter air hingga mendidih lalu minumlah air rebusannya ketika masih hangat dan minumlah dengan teratur setiap 2x dalam sehari hingga penyakit tipes membaik.

Jika cara-cara diatas tidak dapat membantu, sebaiknya segera lakukan pemeriksaan ulang terhadap penyakit Anda. Penyakit tifus / tipes ini juga bisa berbahaya jika tidak segera ditangi. Bahkan diketahui jika ibu hamil Menderita Penyakit Tifus Beresiko Keguguran. Jadi, semoga saja Anda dan kita semua selalu diberi kesehatan, dan jika sakit datang upayakan terlebih dahulu untuk pemeriksaan, baru kemudian pengobatan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *