Cara Mencegah Usus Turun

Usus turun atau yang dikenal dengan istilah hernia disebabkan oleh kombinasi dari tekanan serta melemahnya otot. Akan tetapi, ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mencegah usus turun.

Usus turun bisa terjadi apabila usus menekan bagian otot ataupun jaringan ikat yang lemah disekitarnya. Usus turun ini bisa termasuk kedalam penyakit bawaan dari lahir ataupun berkembang pada kemudian hari, khususnya pada anak-anak dengan dinding perut yang lemah.

Risiko usus turun ini akan meningkat seiring dengan bartambahnya usia seseorang serta lebih sering menjangkit kaum pria daripada kaum wanita.

Cara Mencegah Usus Turun

Kebanyakan usus turun tidak bisa dicegah, terutama pada bayi dan anak-anak. Akan tetapi, tekanan yang terjadi pada dinding perut orang dewasa bisa dikurangi untuk mencegah usus turun ataupun hernia menjadi parah.

Caranya bisa dengan konsumsi obat usus turun yang berbahan alami tanpa harus melakukan operasi, atau bisa juga dengan mengikuti praktik gaya hidup sehat seperti dibawah ini :

  • Melakukan olahraga untuk memperkuat otot-otot perut
  • Menurunkan berat badan apabila mempunyai kelebihan berat badan yang berlebih, karena kelebihan berat bada dapat meningkatkan risiko usus turun.
  • Tidak menurunkan berat badan dengan drastis ataupun cepat. Program diet cepat bisa mengurangi asupan protein serta vitamin yang dibutuhkan untuk kekuatan otot. Akibatnya, otot-otot perut akan menjadi lemah.
  • Perbanyak minum air putih
  • Mengonsumsi makanan yang itnggi serat seperti biji-bijian, buah-buahan, dan sayuran untuk mencegah sembelit serta mengejan ketika buang air besar
  • Berhenti merokok
  • Pelajari cara mengangkat benda berat yang baik dan benar
  • Mengontrol alergi untuk menghindari bersin berlebihan

Apabila sudah menderita usus turun, maka sangat dianjurkan untuk konsultasi dengan dokter. Usus turun yang terasa sakit ataupun tidak sama saja sangat berpotensi menjadi penyakit yang serius.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *