Cara Mengobati Gastroenteritis Atau Flu Perut Paling Sederhana

Cara Mengobati Gastroenteritis Atau Flu Perut Paling Sederhana – Gastroenteritis atau sering juga di sebut dengan flu perut merupakan kondisi dimana terjadi peradangan pada saluran cerna. Umumnya peradangan tersebut terjadi akibat dari infeksi virus dan bakteri. (flu perut) adalah kondisi peradangan saluran cerna karena tertular infeksi virus. Perlu anda tahu jika gastroenteritis ini sangat mudah menular bisa melalui kontak langsung dengan penderita ataupun dari makanan yang telah terkontaminasi. Untuk bayi dan balita perlunya pemilihan obat flu perut untuk anak yang memiliki kandungan yang aman bagi si kecil.

Cara Mengobati Gastroenteritis Atau Flu Perut Paling Sederhana

Gastroenteritis bisa menyerang siapa saja mulai dari bayi, anak-anak, ibu hamil, dewasa, hinga lansia. Bayi, balita, dan lansia memiliki tingkat terserang penyakit Gastroenteritis lebih tinggi. Bukan tanpa alasan bayi, balita, juga lansia diketahui memiliki sistem kekebalan yang rendah. Gejala gastroenteritis atau flu perut yaitu diare, sakit perut, mual, kram, dan muntah. Khusus untuk bayi dan anak-anak, obat gastroenteritis anak sangatlah di anjurkan untuk mencegah terjadinya kondisi yang semakin memburuk. Berikut ini ada beberapa cara untuk mengobati gastroenteritis atau flu perut yang paling sederhana.

Berbaring
Diketahui berbatring akan sangat meringankan sakit gastroenteritis. Tidak hanya berbaring meringkuk dengan posisi seperti janin dalam kandungan dapat membuat perut terasa lebih nyaman.

Minum jahe atau teh peppermint
Teh peppermint diketahui dapat mengurangi rasa kejang atau kram pada perut. Kejang atau kram perut dapat menyebabkan rasa mual dan muntah. Tidak hanya itu minum teh peppermint dapat membuat saluran cerna anda lebih nyaman. Pilihan lainnya yaitu jahe. Jahe yang memiliki sensasi hangat ini dapat membantu meringankan sakit gastroenteritis. Sifat antiinflamasi pada jahe bisa membuat perut lebih nyaman. Pastikan untuk memilih jahe asli dan cincang kemudian seduh dengan air panas. Diamkan beberapa saat sekitar 10 menit agar kandungan jahenya keluar. 

Hidrasi
Gastroenteritis bisa menyebabkan dehidrasi atau kekurangan cairan. Dehidrasi tentunya akan membuat anda lelah dan lesu tidak hanya itu dehidrasi parah juga dapat menyebabkan resiko penyakit lainnya. Cukupi asupan cairam anda dengan minum air putih setidaknya 8 gelas per hari. Anda juga dapat minum cairan yang mengandung elektrolit atau air kelapa. Memenuhi asupan cairan saat anda terserang gastroenteritis akan sangat membantu mengganti vitamin dan mineral yang hilang. Anda juga dapat minum oralit untuk mencegah dehidrasi. Namun pastikan untuk menghindari minum jus, susu, juga minuman bersoda. Karena beberapa minuman tersebut dapat memperburuk diare.

Makan es batu
Makan es batu yang telah di hancurkan memiliki efek yang lumayan untuk meringankan gastroenteritis. Makan es batu dapat membantu menghidrasi tubuh juga menurunkan suhu tubuh jika terjadi demam.

Lakukan diet BRAT
Diet yang sangat membantu meringankan flu perut yaitu diet BRAT. Diet BRAT merupakan diet yang hanya mengkonsumsi pisang, nasi, apel dan roti bakar. Makanan tersebut sangat di sarankan untuk di konsumsi hingga 2 hari setelah anda terserang gastroenteritis. Diketahui makanan tersebut kaya akan kandungan serat dan sangat mudah di cerna. Empat makanan ini kaya serat dan sangat mudah dicerna.

Save

Save

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *