Cara Praktis Program Kehamilan Secara Alami

Cara Praktis Program Kehamilan Secara Alami – Mengikuti sebuah program kehamilan merupakan hal salah satu program yang sering dilakukan oleh pasangan yang ingin sekali mendapatkan momongan namun tidak kunjung juga datang.

Screenshot_8

Hal pertama yang pasti akan Bidan lakukan setelah anda berkonsultasi adalah dengan melakukan pemeriksaan kesuburan kepada pihak wanita dan laki-laki. Pemeriksaan ini dapat dilakukan dengan USG untuk mengetahui kesehatan rahim dan sel telur pada perempuan.

Dan dari pihak laki-laki pun perlu diperiksa kualitas dan kesehatan spermanya dengan melakukan uji laboratorium atau USG testis. Sperma diperiksa meliputi pergerakan, warna, dan jumlah dari sperma yang dihasilkan, kemudian setelah itu pihak keduanya dilakukan pemeriksaan darah, urin, dan pemeriksaan lain.

Berikut ini adalah beberapa tips langkah-langkah program hamil secara alami :

  • Stop KB dari sejak dini – Berhentilah mengkonsumsi pil KB, semua jenis kontrasepsi hormonal (seperti sunti dan spiral) beberapa bulan sebelum anda memulai program hamil karena tubuh anda membutuhkan waktu hingga beberapa kali siklus menstruasi agar bisa memulai berovulasi secara teratur dan siap untuk menerima kehamilan, Setelah berovulasi anda menjadi normal kembali anda bisa melakukan langkah kedua seperti.
  • Deteksi masa subur anda – Kesalahan terbesar pasangan yang sulit hamil adalah tidak tahu dengan kapan mereka berovulasi.

Jika anda ingin tahu kapan terjadinya masa subur anda, anda bisa menggunakan alat prediksi ovulasi. Alat ini bekerja untuk mendeteksi lonjangan luteinizing hormone (TH) ddi dalam urin anda yang terjdai sekitar 36 sampai 48 jam sebelum berovulasi.

Dengan melakukan cara ini anda dapat mengetahui lebih awal kapan sel telur akan dilepaskan oleh ovarium, dan juga anda bisa melakukan metode pengukur temperatur tubuh basal anda.

  • Berhubungan intim sebelum berovulasi – Sperma dapat bertahan di dalam rahim dan tuba fallopi anda selama dua sampai tiga hari, Namun sel telur hanya bisa bertahan hidup selama 12 sampai 24 jam setelah dilepaskan.

Berhubungan intim yang sangat baik adalah sebelum anda berovulasi agar meningkatkan peluang agar ada sperma yang didalam rahim dapat menyambut sel telur, setalah sel telur dilepaskan oleh ovarium.

Inilah yang sebaiknya anda lakukan jika siklus anda sepanjang 28 hari, hal ini dimana pada hari ke-14 anda berovulasi :

  1. Mulai berhubungan inim beberapa kali dalam seminggu setelah anda berhenti menstruasi, Hal itu akan memastikan anda tidak akan melewatkan hal tersubur anda.
  2. Berhubungan intim setiap dua hari sekali yang dimulai sekitar hari ke-10 setalah selesai menstruasi.
  • Cara yang Harus Anda Lakukan Saat Berhubungan Intim :
  1. Dengan melakukan cara berbaring dan mengangkatkan kaki setalah berhubungan intim dapat membantu sperma untuk tinggal dan tidak tumpah ke luar sehingga mempermudah sperma untuk berenang menuju rahim.
  2. Melakukan hubungan intim sebelum tidur merupakan waktu yang paling tepat untuk berhubungan intim dalam sehari.
  3. Posisi misionaris adalah posisi yang sangat disarankan karena dapat membuat anda tetap berbaring terlentang setelah hubungan intim berakhir.
  • Jangan Melakukan Hal Ini Saat Berhubungan Intim :
  1. Menggunakan pelumas dapat memperkecil kesuksesan program hamil karena banyak kandungan dalam pelumas yang dapat mengubah keseimbangan pH didalam vagina hingga dapat mengurangi mobilitas sperma.
  2. Walaupun beberapa orang berspekulasi bahwa wanita yang mencapai orgasme akan lebih mudah hamil, Akan tetapi teori ini tidak memiliki bukti yang ilmiah.
  3. Model celana dalam pria memang sangat berpengaruh produksi sperma dimana suhu testis yang terlampau panas sehingga  dapat mempengaruhi produksi sperma.
  • Selalu menyiapkan tes kehamilan Dengan melakukan tes terlalu dini cenderung memberikan hasil yang disebut “negatif palsu” dimana hasil tes mengatakan anda tidak hamil, Hal itu terjadi karena tubuh anda belum memproduksi cukup banyak hCG sehingga belum terdeteksi oleh alat tes.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *