Inilah Penyebab Terjadinya Kanker Payudara

Kanker Payudara
kanker payudara

Apa saja Penyebab dari kanker payudara

Penyebab spesifik kanker payudara masih belum diketahui, eteapi terdapat banyak faktor yang diperkirakan mempunyai pengaruh terhadap terjadinya kanker payudara. Berikut faktor penyebab kanker payudara:

Faktor Genetik

Kanker payudara ini dapat terjadi karena adanya beberapa faktor genetik yang diturunkan dari orang tua kepada anaknya. Faktor genetik yang dimaksud adalah adanya mutasi pada beberapa gen yang berperan penting dalam pembentukan kanker payudara, gen yang dimaksud adalah beberapa gen yang bersifat onkogen yang bersifat mensupresi tumor. Yang dikenal dengan nama BRCA1 dan BRCA2 dapat mempertinggi resiko kanker payudara.

moga bermanfaat!

Faktor Usia

Seiring dengan bertambahnya usia, kanker juga akan meningkat. Kanker payudara umumnya terjadi pada wanita berusia di atas 50 tahun yang sudah mengalami monopause.

Resiko paparan radiasi

Resiko Anda untuk terkena kanker payudara juga bisa meningkat jika sering terpapar radiasi atau akibat prosedur medis tertentu yang menggunakan radiasi seperti rontgen dan CT scan.

Faktor pengaruh terapi penggantian hormon

Terapi penggantian hormon kombinasi memiliki resiko sedikit lebih tinggi dari pada terapi penggantian hormon estrogen. Akan tetapi keduanya dapat mempertinggi resiko terkena kanker payudara. Diantara 1000 wanita yang menjalani terapi hormon kombinasi selama 10 tahun, diperkirakan akan ada 19 kasus kanker payudara lebih banyak dibanding kelompok wanita yang tidak pernah menerima terapi hormon.
penyembuhan dan penaganan kanker perlu dilakukan secepat mungkin.
Faktor refroduksi

Apabila Anda telah mengalami menstruasi dini pada usia kurang dari 12 tahun dan monopause terlambat (lebih dari 55 tahun) kemungkinan lebih tinggi terkena resiko kanker payudara. Faktor lain adalah tidak memiliki anak dan melahirkan di usia yang cukup tua juga menjadi resiko terkena kanker payudara lebi besar.

Faktor obesitas

Kelebiihan berat bada setelah monopause dapat menyebabkan penigkatan produksi estrogen sehingga resiko kanker payudara akan meningkat.

Implan payudara

Implan sering ditanam dalam tubuh, tak terkecuali pada bagian payudara. Wanita yang menggunakan implan payudara dapat mempengaruhi terjadinya kanker payudara lebih tinggi dibandingkan perempuan yang tidak memakainya.

Faktor mengonsumsi minuman keras

Resiko kanker payudara kan meningkat seiring banyaknya jumlah minuman keras yang dikonsumsi.

Pencegahan seperti apa yang dapat dilakukan?

Penceghan secar total untuk kanker payudar sulit diketahui karena penyebabka kanker ini juga belum diketahiu secara pasti. Namun, ada beberapa langkah yang dapat dilakukan untuk menurunkan resiko kanker payudara.

Langkah utama adalah menerapkan gaya hidup yang sehat. Contohnya mengurangi konsumsi makanan berlemak, menjaga berat badan yang sehat dan normal, rajin berolahraga, serta membatasi konsumsi alkohol. Cara tersebut tidak hanya dapat mengurangi resiko kanker payudara, tapi juga bisa mencegah berbagai penyakit lain. Anda juga bisa mencoba mengonsumsi obat herbal untuk penyembuhan kanker yang efktif.
Minimalkan paparan estrogen farmakologis dan xeno-estrogen, menyusui. Wanita yang menyusui bayi mereka setidaknya selama masa menyusui tersebut secara total akan mengalami penurunan resiko terkena kanker payudara.

Demikian informasi penyebab kanker payudara se

Incoming search terms:

  • Wanita yang menggunakan implan payudara dapat mempengaruhi terjadinya kanker payudara lebih tinggi dibandingkan dengan perempuan yang tidak memakainya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *