Jenis Olahraga Yang Dapat Meredakan Nyeri Sendi Lutut

Jenis olahraga yang dapat meredakan nyeri sendi lutut -, Selain dengan mengonsumsi obat nyeri sendi lutut, ternyata ada cara lain untuk meredakan nyeri sendi lutut yang mungkin kini tengah anda alami, yaitu dengan olahraga. Menurut para ahli kesehatan, olahraga secara teratur dapat mengurangi rasa nyeri sendi lutut. Selain itu, olahraga juga sangat baik untuk menjaga kesehatan tulang dan sendi. Pada sebagian besar kasus, nyeri sendi lutut sering kali di sebabkan akibat osteoarthritis atau pengapuran sendi. Baik akibat faktor usia maupun cidera.

nyeri-sendi-lututSeiring berjalannya waktu, selain rasa nyeri pada persendian, gejala nyeri sendi lutut juga dapat dapat berupa rasa kaku serta bengakak pada daerah persendian. Dengan berolahraga, akan memperkuat otot-otot pendukung sendi sehungga dapat membantu meradam benturan. Olahraga yang teratur juga dapat bermanfaat untuk menjaga jangkauan gerak sendi agar tetap dalam keadaan normal.

Meski begitu, terdapat jenis olahraga tertentu yang baik untuk meredakan nyeri sendi lutut. Agar tidak salah pilih, berikut kami informasikan beberapa jenis olahraga yang bermanfaat untuk meredakan nyeri sendi lutut.

Berjalan kaki

Meskipun melibatkan lutut, berjalan kaki adalah jenis olahraga yang memiliki resiko paling rendah untuk penderita nyeri sendi lutut. Berjalan kaki tidak memberikan tekanan pada lutut secara berlebihan seperti berlari.

Joging

Jalan cepat atau berlari-lari kecil juga merupakan salah satu jenis olahraga yang dapat meredakan nyeri sendi lutut. Bahkan olahraga ini dapat menjadi pilihan ideal bagi penderita nyeri sendi lutut. Namun sebelumnya, anda perlu memperhatikan kondisi lutut. Jika kondisi nyeri lutut anda belum parah, maka olahraga jogging sangat cocok untuk anda. Namun sebaliknya, jika anda memiliki riwayat cidera lutut, sebaiknya anda hindari olahraga ini karena dapat meningkatkan resiko arthritis lutut dalam jangka panjang.

Bersepeda

Bersepeda juga merupakan salah satu jenis olahrag yang low impact bagi penderita nyeri lutut. Olahraga low impact adalah bentuk aktivitas fisik yang tidak memberikan tekanan berat pada bagian tubuh. Olahraga inipun tidak meningkatkan kadar stres pada lutut, sehingga sangat cocok bagi anda yang kini tengah mengalami nyeri sendi lutut. Namun yang pentinguntuk anda perhatikan adalah jangan memilih jalanan mendaki yang curam, akan tetapi utamakan memilih jalan yang landai.

Berenang

Berenang membuat lutut melepaskan stres karena terbebas dari tugasnya untuk menopang bebanberat tubuh, namun dalam waktu yang sama menyebabakan seluruh anggahota tubuh bergerak. Perhatikan jjuga dalam memilih gaya gerakan renang. Anda boleh berenang dengan menggunakan tempo cepat sebagai usaha untuk menyehatan badan. Tetapi hindarilah beberapa gerakan yang bertumpu pada lutut seperti halnya gaya dada.

Disamping itu, anda juga patut untuk menghindari beberapa gerakan yang dapat meningkatkan resiko nyeri sendi lutut anda semakin parah. Seperti diantaranya adalah melompat, menekuk lutut terutama pada olahraga basket.

Meski anda sedang mengalami nyeri sendi lutut, bukan berarti anda harus mengistirahatkan lutut anda secara total, dan berhenti bergerak terlebih berhenti untuk berolahraga. Olahraga harus tetap di lakukan sebagai upaya untuk menjaga kesehatan. Akan tetapi jangan sampai melukai kondisi lutut yang kini tengah memerlukan perhatian.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *