Kandungan Zat dan Manfaat Daun Kelor untuk Kesehatan

Masih ingat dengan cerita di awal tahun 2000-an mengenai sosok kolor ijo yang sempat heboh di tanah air ? Tentu ingat pula, bagaimana kepercayaan masyarakat yang menilai jika daun kelor disimpan di pintu rumah, sosok yang menakutkan tersebut tak akan berani masuk ke dalam rumah kita. Bukan hanya 1 makhluk tersebut saja, para dukun dan orang yang memiliki kemampuan supranatural sering menggunakan daun kelor untuk menghalau dan mengusir beberapa jenis makhluk halus.

Di samping cerita mistisnya, Khasiat dan Manfaat Daun Kelor ternyata tak kalah populer. Dan hingga saat ini, semakin banyak masyarakat yang memanfaatkan daun kelor sebagai solusi untuk mengatasi berbagai keluhan kesehatan. Untuk itu, perlu adanya beberapa pengenalan dari karakteristik sampai manfaat daun kelor sebagai obat tradisional.

Kandungan Zat dan Manfaat Daun Kelor untuk Kesehatan

kandungan zat dan manfaat daun kelor untuk kesehatan

Daun kelor yang berwarna hijau dan masuk dalam daun majemuk bertangkai panjang ini telah diteliti sejak dulu. Salah satunya oleh dr Sidi Aritjahja, seorang herbalis asal Yogyakarta yang mengungkapkan bahwa kelor memiliki kandungan antioksidan tinggi dalam mengatasi berbagai gangguan pencernaan seperti luka usus atau luka lambung. Bahkan menurut periset asal Tamilnadu, India, dari Anna Technology University, bernama C Senthil Kumar, menunjukan bahwa daun kelor memiliki sifat hepatoprotektor atau pelindung hati.

Sedangkan menurut Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), manfaat daun kelor untuk kesehatan tak lepas dari beberapa kandungan zat penting seperti :

  • Potassium 3 kali lipat dari pisang
  • Kalsium 4 kali lipat dari susu
  • Vitamin C 7 kali lipat dari jeruk
  • Vitamin A 4 kali lipat dari wortel
  • Protein 2 kali lipat dari susu

Berdasarkan kandungan di atas, dapat diketahui jika ada banyak manfaat yang bisa didapatkan dari daun kelor tersebut, di antaranya :

1. Menyehatkan jantung (kalium)

Pada sebuah penelitian yang pernah dilakukan, terungkap jika daun kelor bisa mencegah kerusakan jantung, tepatnya melindungi jantung dari kerusakan struktural berkat adanya kandungan Kalium / potasium yang sangat tinggi dalam daun kelor.

2. Mengobati arthritis dan mencegah osteoporosis (Kalsium)

Kalsium yang kita kenal untuk membantu pemperkokoh tulang dan sendi, rupanya terbukti pada penelitian yang mengungkapkan bahwa daun kelor bisa membantu masalah radang sendi serta menguatkan tulang dan mencegah terjadinya osteoporosis yang sering menjadi ancaman bagi mereka yang minim mendapatkan asupan Kalsium.

3. Mengobati Sariawan

Bukan rahasia umum jika Vitamin C memang dikenal dapat membantu masalah sariawan atau panas dalam. Dan Vitamin C dalam daun kelor ini menjadi salah satu kandungan yang bisa anda manfaatkan untuk mengatasi panas dalam, sariawan, bibir kering dan pecah-pecah, serta gangguan lain yang berhubungan.

4. Mengobati sakit mata

Vitamin A dalam daun kelor dapat membantu menyehatkan mata dan mengobati sakit mata. Caranya, 3 gagang daun kelor tumbuh sampai halus dengan menambahkan air 1 gelas. Aduk sampai rata, diamkan hingga mengendap ampasnya. Kemudian anda gunakan airnya saja sebagai teteas mata.

5. Mengobati diabetes

Peran daun kelor untuk mengobati diabetes berasal dari kandungan Seng yang ditemukan di dalamnya. Seng inilah yang dibutuhkan tubuh memproduksi insulin. Produksi insulin yang stabil tentu akan membuat penderita diabetes bisa sembuh dengan tepat dan cepat.

Manfaat daun kelor yang telah mendunia ini tak luput dari efek samping, atau tepatnya jangan diberikan kepada ibu hamil, karena diyakini dapat menimbulkan kontraksi rahim yang bisa mengakibatkan keguguran.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *