Kebiasaan Yang Menjadi Penyebab Asam Lambung Naik

Kebiasaan Yang Menjadi Penyebab Asam Lambung Naik Saat Hamilakuhmail.com,- Mungkin anda pernah merasakan sakit pada bagian perut hingga sensasi panas pada kerongkongan dan dada. Hal tersebut disebut sebagai penyakit asam lambung. Asam lambung yang naik bisa saja terjadi pada siapa saja mulaid ari anak-anak, remaja, orang dewasa, hingga ibu hamil. Apalagi untuk anda yang memiliki pola makan yang buruk maka akan sangat rentan sekali penyakit yang satu ini muncul.

kebiasaan-yang-menjadi-penyebab-asam-lambung-naik-saat-hamil

Pada saat hamil memang keluhan asam lambung naik memang menjadi hal yang banyak dikeluhkan. Selain dari penyebab lainnya, perubahan produksi hormon pada saat hamilpun sangat berpengaruh pada asam lambung yang naik. Ditambah memaasuki trimester kedua dan ketiga disaat pertumbuhan janin semakin berkembang hal tersebut bisa saja terjadi. Namun tentunya ibu hamil tidak perlu khawatir, ibu hamil bisa mengatasi asam lambung naik dengan menerapkan pola makan jyang teratur dan mengkonsumsi obat asam lambung ibu hamil yang aman.

Salah satu gejala yang paling umum dirasakan saat asam lambung naik yaitu rasa panas pada dada hingga kerongkongan. Namun ada juga gejala lainnya seperti batuk kering, sulit menelan, sakit tenggorokan, hingga muntah. Banyak faktor yang bisa menyebabkan asam lambung naik seperti mengkonsumsi makanan pedas dan berlemak juga mengkomnsumsi makanan ataupun minuman yang mengandung kafein tinggi.

Pemicu asam lambung naik untuk setiap orang pastinya akan berbeda-beda. Dan berikut ini beberapa kebiasaan yang bisa menjadi penyebab asam lambung naik.

Makan terlalu malam
Untuk anda yang sangat rentan terkena asam lambung sebaiknya menghindari untuk makan beberapa kjam sebelum tidur. Apalagi untuk ibu hamil tindakan seperti ini akan menjadi pemicu asam lambung naik secara cepat. Diketahui jika makan sebelum tidur berarti memulai pencernaan yang hasilnya akan meningkatkan produksi asam lambung.

Makan dengan porsi banyak
Saat hamil asupan makanan memang santa penting bagi kesehatan ibu hamil dan janin. Namun banyak yang salah kaprah jika makan dengan porsi yang besar menjadi pilihan yang tepat pada saat hamil. Pada saat hamil sangat disarankan untuk makan sedikit namun sering hal ini akan sangat membantu mencegah produksi asam lambung tinggi. Jika hal itu dilakukan untuk mencegah perut kosong terlalu lama, pada saat perut kosong terlalu lama maka asam lambung akan sangat mudah naik. Setidaknya makan 5x sehari namun dengan porsi kecil. Makan dengan porsi yang banyak akan membuat proses pencernaan berlangsung lebih lama. Pada waktu itu maka produksi asam lambung akan diproduksi lebih banyak.

Merokok dan minuman keras
Bukan sebuah rahasia lagi jika merokok dan minuman keras memang tiak memberikan keuntungan bagi kesehatan. Terlebih untuk ibu hamil merokok dan minuman keras sangat dilarang karena akan berdampak buruk pada janin. Diketahui juga alkohol dan tembakau dapat berpengaruh pada tekanan pada esofagus bawah yang dapat memicu asam lambung naik. Dan perlu anda tahu jika tembakau dan minuman keras bisa menyebabkan dehidrasi sehingga dapat menurunkan produksi air liur sehingga asam labung bisa kembali lagi naik hingga tenggorokan.

Permen karet
Permen karet menjadi salah satu makanan yang bisa mencegah kasam lambung naik. Namun perhatikan dulu permen karet yang tidak mengandung gula yang sangat di sarankan untuk dikonsumsi. Permen karet yang mengandung pepermint sebaiknya dihindari karena dapat menyebabkan melemasnya otot sphincter yang dapat membuat asam lambung naik. Tidak hanya permen karet saja sebaiknya hindari makanan atau minuman yang mengandung peppermint seperti teh, permen, dan makanan lainnya.

Save

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *