Category Archives: kesehatan wanita

Inilah Penyebab Terjadinya Kanker Payudara

Kanker Payudara
kanker payudara

Apa saja Penyebab dari kanker payudara

Penyebab spesifik kanker payudara masih belum diketahui, eteapi terdapat banyak faktor yang diperkirakan mempunyai pengaruh terhadap terjadinya kanker payudara. Berikut faktor penyebab kanker payudara:

Faktor Genetik

Kanker payudara ini dapat terjadi karena adanya beberapa faktor genetik yang diturunkan dari orang tua kepada anaknya. Faktor genetik yang dimaksud adalah adanya mutasi pada beberapa gen yang berperan penting dalam pembentukan kanker payudara, gen yang dimaksud adalah beberapa gen yang bersifat onkogen yang bersifat mensupresi tumor. Yang dikenal dengan nama BRCA1 dan BRCA2 dapat mempertinggi resiko kanker payudara.

moga bermanfaat!

Faktor Usia

Seiring dengan bertambahnya usia, kanker juga akan meningkat. Kanker payudara umumnya terjadi pada wanita berusia di atas 50 tahun yang sudah mengalami monopause.

Resiko paparan radiasi

Resiko Anda untuk terkena kanker payudara juga bisa meningkat jika sering terpapar radiasi atau akibat prosedur medis tertentu yang menggunakan radiasi seperti rontgen dan CT scan.

Faktor pengaruh terapi penggantian hormon

Terapi penggantian hormon kombinasi memiliki resiko sedikit lebih tinggi dari pada terapi penggantian hormon estrogen. Akan tetapi keduanya dapat mempertinggi resiko terkena kanker payudara. Diantara 1000 wanita yang menjalani terapi hormon kombinasi selama 10 tahun, diperkirakan akan ada 19 kasus kanker payudara lebih banyak dibanding kelompok wanita yang tidak pernah menerima terapi hormon.
penyembuhan dan penaganan kanker perlu dilakukan secepat mungkin.
Faktor refroduksi

Apabila Anda telah mengalami menstruasi dini pada usia kurang dari 12 tahun dan monopause terlambat (lebih dari 55 tahun) kemungkinan lebih tinggi terkena resiko kanker payudara. Faktor lain adalah tidak memiliki anak dan melahirkan di usia yang cukup tua juga menjadi resiko terkena kanker payudara lebi besar.

Faktor obesitas

Kelebiihan berat bada setelah monopause dapat menyebabkan penigkatan produksi estrogen sehingga resiko kanker payudara akan meningkat.

Implan payudara

Implan sering ditanam dalam tubuh, tak terkecuali pada bagian payudara. Wanita yang menggunakan implan payudara dapat mempengaruhi terjadinya kanker payudara lebih tinggi dibandingkan perempuan yang tidak memakainya.

Faktor mengonsumsi minuman keras

Resiko kanker payudara kan meningkat seiring banyaknya jumlah minuman keras yang dikonsumsi.

Pencegahan seperti apa yang dapat dilakukan?

Penceghan secar total untuk kanker payudar sulit diketahui karena penyebabka kanker ini juga belum diketahiu secara pasti. Namun, ada beberapa langkah yang dapat dilakukan untuk menurunkan resiko kanker payudara.

Langkah utama adalah menerapkan gaya hidup yang sehat. Contohnya mengurangi konsumsi makanan berlemak, menjaga berat badan yang sehat dan normal, rajin berolahraga, serta membatasi konsumsi alkohol. Cara tersebut tidak hanya dapat mengurangi resiko kanker payudara, tapi juga bisa mencegah berbagai penyakit lain. Anda juga bisa mencoba mengonsumsi obat herbal untuk penyembuhan kanker yang efktif.
Minimalkan paparan estrogen farmakologis dan xeno-estrogen, menyusui. Wanita yang menyusui bayi mereka setidaknya selama masa menyusui tersebut secara total akan mengalami penurunan resiko terkena kanker payudara.

Demikian informasi penyebab kanker payudara se

Incoming search terms:

  • Wanita yang menggunakan implan payudara dapat mempengaruhi terjadinya kanker payudara lebih tinggi dibandingkan dengan perempuan yang tidak memakainya

Ibu Hamil Terkena Penyakit HIV

Ibu Hamil Terkena Penyakit HIV – Tambahan review dari ibu rekor mengungkapkan bahwa dia skrining prenatal termasuk negatif HIV, hepatitis B dan venereal disease research laboratory (VDRL) tes. Ibu rubella layar mengungkapkan dirinya untuk menjadi non-imun, tapi dia membantah penting penyakit selama kehamilan. Baca juga Obat Luka Borok

Pada pemeriksaan, bayi memiliki tanda-tanda vital normal dan sesuai untuk usia kehamilan berat badan, panjang dan lingkar kepala. Penampilan umum nya adalah normal kecuali untuk berbagai, berbagai ukuran, berdaging, agak violaceous lesi dari mahkota dari kepala sampai kakinya, yang juga dibatasi dengan normal-muncul kulit di sekitarnya Sisanya dari ujian-nya normal, termasuk mata, hati, limpa dan selaput lendir.

Ibu Hamil Terkena Penyakit HIV

Penyakit Menular Layanan berkonsultasi untuk mengevaluasi untuk infeksi kongenital dengan hematopoiesis extramedullary. Salah satu lesi dibiopsi, dengan pewarnaan hematoksilin dan eosin noda jaringan mengungkapkan “padat infiltrasi sel mononuklear di seluruh dermis dengan epidermis tampak normal” , yang dilaporkan sebagai konsisten dengan “akut leukemia monositik.” yang sebelumnya sehat yang berusia 13 tahun laki-laki memiliki onset demam ringan dengan beberapa disuria dan gatal vagina dengan rasa sakit. Dia tidak aktif secara seksual, menyangkal trauma atau penyalahgunaan, telah pernah mengalami infeksi saluran kemih dan mencatat tidak ada keluhan lain. Namun, sejarah lebih lanjut mengungkapkan bahwa ia mungkin memiliki episode sebelumnya keluhan yang sama dalam setahun terakhir yang berlangsung sekitar 5 hari, tapi dia tidak dievaluasi atau diobati.
ibu-hamil
Pada pemeriksaan, pasien ditemukan untuk menjadi sehat-muncul perempuan remaja, dengan tanda-tanda vital normal. Satu-satunya temuan positif pada dirinya menyelesaikan ujian termasuk beberapa peradangan mukosa vagina bersama dengan beberapa ciri-ciri lesi ulseratif (Gambar 1). Tes laboratorium termasuk negatif herpes PCR dan negatif Mycoplasma titer.

Incoming search terms:

  • ciri ciri ibu hamil terkena hiv

Pembalut Bekas Bisa Mendeteksi Kista Ovarium

Pembalut Bekas Bisa Deteksi Penyakit Kista Ovarium

Pembalut Bekas Bisa Mendeteksi Kista Ovarium

Berdasarakan penelitian yang dilakukan sekitar tiga tahun lalu oleh peneliti dari Fakultas kedokteran di Indonesia mengungkap kalau ternayata pembalut bekas bisa mendeteksi kista ovarium salah satu manfaat yang tidak terduga dari pembalut bekas. Dokter mendeiagnosis ada atau tidaknya endometriosis atau kista coklat yang ada di pasien tersebut.

Kista merupakan penyakit yang sering menyerang wanita walaupun ternyata laki-laki juga mengalami hal ini. Dan sekarang ini banyakl obat herbal kista yang teranyat tidak alami dan menggunakan bahan – bahan kimia. Maka dari itu Anda harus berhati – hati dalam memilih pengobatannya.

Mendiagnosis kista dengan menggunakan pembalut bekas mungkin untuk beberapa orang dan beberapa alasan tidak masuk logika tapi berdasarkan penelitian yang dilakukan, pembalut bekas memang bisa mendeteksi dengan melihat endometriosis atau kondisi yang ada di bagian dinding rahim atau biasa disebut dengan endometrium.

Biasanya tempat endometrium yang sering kali ditemukan adalah pada bagian indung telur, lapisan dalam telur dan saluran telur. Salah satu gejalanya adlaah nyeripada bagian panggung yang khas menjelang atau saat sedang menstruasi.

Salah sau klinik yang beru – baru ini melaukan diagnoisis endometriosis dengan menggunakan pem,balut second, caranya dokter akan meminta pasien untuk menyatukan pembalut berisi darah menstruasi dan di ambildarah haid dalam jumalhayang uckup banyak dan di lakuakn isolasi untuk darah dan biarkan dalam jangka waktu satu pekan untukmelihat hasilnya.

Dokter menyebutkan “Pada pasien akan ditemukan serabut-serabut saraf yang menyebakan rasa nyeri pasa saat menstruasi jika pasien menderita kista endomeriosis”

Dan jika sudah ditemukan adanya kista,pengobatan yang dipilih terserang oleh pasien dan dan jika ingin hamil bisa dibuatkan cara kehamilannya denagn membuat hormon progesteron mengerem pertumbuhan kista.

Tapi banyak orang yang berpendapat kalau mereka yang menderita kist abiasanya sulit untuk mendapatkan buah hati, namun dengan mengkonsumsi obat herbal kista ini sudah banyak orang yang sembuh denagn tuntas dari kista jika dikonsumsi dengan rutin.

Ramuan Obat Herbal Pereda Sakit Saat Menstruasi

Ramuan Obat Herbal Pereda Sakit Saat Menstruasi

Hampir setiap bulan semua wanita yang belum mamasuki masa menopause pasti akan mengalami haid atau sering disebut dengan menstruasi. Siklus bulanan tersebut sering kali memberikan dampak rasa sakit. Mulai dari daerah perut yang terasa seperti kram, seluruh bagian tubuh yang sering pegal dan disertai juga dengan perubahan emosional yang labil. Berbagai cara pun akan dilakukan untuk mengatasi rasa sakit tersebut. Salah satuinya adalah dengan cara yang sering dilakukan dengan mengonsumsi minuman atau ramuan obat herbal dari tanaman atau tumbuh-tumbuhan.

Menurut dokter spesialis kandungan dan kebidanan dari Sriwijaya Palembang telah mengatakan bahwa obat herbal yang sudah melalui uji klinis ini bisa dipakai untuk meredakan sakit saat menstruasi.

Perlu anda perhatikan juga tentang tata cara pembuatan dan penggunaannya, salah satunya jangan dicampur dengan obat kimia. Walaupun memang ingin dikonsumsi secara bersamaan, sebaiknya ikuti petunjuk dari dokter dan perlu diketahui juga tentang efek yang akan ditimbulkan. Anda juga perlu mengetahui apa penyebab nyeri haid yang sering dirasakan, apakah karena adanya gangguan hormonal atau adanya masalah kesehatan lainnya.

Beberapa bahan obat herbal yang bisa dijadikan ramuan herbal untuk meredakan sakit menstruasi :.

Lidah buaya

Lidah buaya pada umumnya mampu meluluhkan darah haid sehingga haid menjadi lebih lancar

Kunyit

Tanaman sayuran kunyit ini diyakini bisa mengurangi rasa sakit saat haid seperti kram dan pegal

Kencur

Kencur juga diyakini oleh para peneliti mampu melancarkan menstruasi

Daun teratai

Para ilmuan mempercayai bahwa daun teratai ini bisa mengurangi jumlah darah menstruasi yang berlebihan

Pepaya

Buah pepaya ini bisa melancarkan menstruasi. Mengonsumsi buah pepaya setiap hari kurang lebih selama satu minggu sebelum datangnya menstruasi sangat baik untuk menghindari nyeri saat menstruasi

Biji wijen

Biji wijen ini dipercayai bisa melancarkan menstruasi. Rendam segenggam biji wijen dalam air hangat, lalu minum airnya pada keesokan harinya.

Bahan-bahan herbal yang diatas perlu dikonsumsi dengan cara yang tepat. Apabila anda mengonsumsinya dalam bentuk jamu, harus dipastikan jamu tersebut, terbuat dari bahan yang segar dan dibuat dengan cara yang higenis. jangan sampai dengan mengonsumsi obat herbal justru malah akan memperparah nyeri haid anda.

Cara Praktis Program Kehamilan Secara Alami

Cara Praktis Program Kehamilan Secara Alami – Mengikuti sebuah program kehamilan merupakan hal salah satu program yang sering dilakukan oleh pasangan yang ingin sekali mendapatkan momongan namun tidak kunjung juga datang.

Screenshot_8

Hal pertama yang pasti akan Bidan lakukan setelah anda berkonsultasi adalah dengan melakukan pemeriksaan kesuburan kepada pihak wanita dan laki-laki. Pemeriksaan ini dapat dilakukan dengan USG untuk mengetahui kesehatan rahim dan sel telur pada perempuan.

Dan dari pihak laki-laki pun perlu diperiksa kualitas dan kesehatan spermanya dengan melakukan uji laboratorium atau USG testis. Sperma diperiksa meliputi pergerakan, warna, dan jumlah dari sperma yang dihasilkan, kemudian setelah itu pihak keduanya dilakukan pemeriksaan darah, urin, dan pemeriksaan lain.

Berikut ini adalah beberapa tips langkah-langkah program hamil secara alami :

  • Stop KB dari sejak dini – Berhentilah mengkonsumsi pil KB, semua jenis kontrasepsi hormonal (seperti sunti dan spiral) beberapa bulan sebelum anda memulai program hamil karena tubuh anda membutuhkan waktu hingga beberapa kali siklus menstruasi agar bisa memulai berovulasi secara teratur dan siap untuk menerima kehamilan, Setelah berovulasi anda menjadi normal kembali anda bisa melakukan langkah kedua seperti.
  • Deteksi masa subur anda – Kesalahan terbesar pasangan yang sulit hamil adalah tidak tahu dengan kapan mereka berovulasi.

Jika anda ingin tahu kapan terjadinya masa subur anda, anda bisa menggunakan alat prediksi ovulasi. Alat ini bekerja untuk mendeteksi lonjangan luteinizing hormone (TH) ddi dalam urin anda yang terjdai sekitar 36 sampai 48 jam sebelum berovulasi.

Dengan melakukan cara ini anda dapat mengetahui lebih awal kapan sel telur akan dilepaskan oleh ovarium, dan juga anda bisa melakukan metode pengukur temperatur tubuh basal anda.

  • Berhubungan intim sebelum berovulasi – Sperma dapat bertahan di dalam rahim dan tuba fallopi anda selama dua sampai tiga hari, Namun sel telur hanya bisa bertahan hidup selama 12 sampai 24 jam setelah dilepaskan.

Berhubungan intim yang sangat baik adalah sebelum anda berovulasi agar meningkatkan peluang agar ada sperma yang didalam rahim dapat menyambut sel telur, setalah sel telur dilepaskan oleh ovarium.

Inilah yang sebaiknya anda lakukan jika siklus anda sepanjang 28 hari, hal ini dimana pada hari ke-14 anda berovulasi :

  1. Mulai berhubungan inim beberapa kali dalam seminggu setelah anda berhenti menstruasi, Hal itu akan memastikan anda tidak akan melewatkan hal tersubur anda.
  2. Berhubungan intim setiap dua hari sekali yang dimulai sekitar hari ke-10 setalah selesai menstruasi.
  • Cara yang Harus Anda Lakukan Saat Berhubungan Intim :
  1. Dengan melakukan cara berbaring dan mengangkatkan kaki setalah berhubungan intim dapat membantu sperma untuk tinggal dan tidak tumpah ke luar sehingga mempermudah sperma untuk berenang menuju rahim.
  2. Melakukan hubungan intim sebelum tidur merupakan waktu yang paling tepat untuk berhubungan intim dalam sehari.
  3. Posisi misionaris adalah posisi yang sangat disarankan karena dapat membuat anda tetap berbaring terlentang setelah hubungan intim berakhir.
  • Jangan Melakukan Hal Ini Saat Berhubungan Intim :
  1. Menggunakan pelumas dapat memperkecil kesuksesan program hamil karena banyak kandungan dalam pelumas yang dapat mengubah keseimbangan pH didalam vagina hingga dapat mengurangi mobilitas sperma.
  2. Walaupun beberapa orang berspekulasi bahwa wanita yang mencapai orgasme akan lebih mudah hamil, Akan tetapi teori ini tidak memiliki bukti yang ilmiah.
  3. Model celana dalam pria memang sangat berpengaruh produksi sperma dimana suhu testis yang terlampau panas sehingga  dapat mempengaruhi produksi sperma.
  • Selalu menyiapkan tes kehamilan Dengan melakukan tes terlalu dini cenderung memberikan hasil yang disebut “negatif palsu” dimana hasil tes mengatakan anda tidak hamil, Hal itu terjadi karena tubuh anda belum memproduksi cukup banyak hCG sehingga belum terdeteksi oleh alat tes.

 

Ciri-Ciri Wanita yang Menderita Kanker Rahim

Kanker Rahim atau yang kita kenal dengan sebutan Kanker Serviks merupakan salah satu penyakit yang banyak di takuti para kaum wanita. Kanker Serviks ternyata membutuhkan proses yang sangat panjang mencapai 10-20 tahun untuk menjadi sebuah penyakit kanker, banyak sekali penyebabnya dimulai karena pola hidup yang tidak sehat dan bersih sehingga menyebabkan infeksi yang sangat sulit di deteksi.

Penyebab Kanker Rahim pada Wanita

Kanker Serviks sendiri disebabkan oleh infeksi Virus Human Papilloma (HPV) tipe 16 dan 18. Virus ini harus diwaspadai karena mudah menyebar dan sangat sulit di deteksi dan dikenali. Oleh karena itu cegah penyakit Kanker Serviks dari mulai sejak dini, adapun beberapa faktor yang menurut para ahli memiliki andil yang sangat besar menyebabkan kanker serviks, diantaranya : Berganti-ganti pasangan dalam melakukan hubungan badan, Berhubungan seks di usia muda, Merokok, Menggunakan kontrasepsi oral, Memiliki sistem kekebalan tubuh yang lemah, Jarang membersihkan kamar mandi, Penggunaan air yang tidak bersih ketika buang air besar dan kecil

Ciri-Ciri dan Gejala Kanker Serviks pada Wanita

kanker serviksSelain anda harus menghindari faktor penyebab Kanker Rahim / Kanker Serviks sebaiknya kenali juga gejala awal dari mulai stadium awal,stadium sedang dan stadium akhir Kanker Serviks supaya anda dapat lebih mewaspadainya lagi.

  • Stadium Awal

Pada stadium awal biasanya penderita tidak merasakan apa-apa, oleh karena itu kanker serviks jarang terdeteksi pada stadium awal. Untuk dapat mengantisipasinya disarankan untuk melakukan tes rutin pada leher rahim apakah nomal atau tidak. Kesempatan sembuh secara total dapat dilakukan bila bisa terdeteksi di awal.

  • Stadium Sedang

Biasanya gejala yang muncul yaitu :

  1. Pendarahan pada vagina yang dapat terjadi ketika bukan masa haid, saat berhubungan badan, setelah masa menopause
  2. Terdapat campuran keputihan di dalam nya
  3. Haid yang berlangsung lebih lama dari biasanya.
  4. Sakit ketika sedang melakukan hubungan badan
  5. Nyeri di sekitar panggul
  6. Keputihan yang abnormal

Jika anda mengalami gejala-gejala seperti di atas sebaiknya segera periksakan atau konsultasikan ke dokter. Penyakit Kanker Serviks juga dapat sembuh apabila di barengi dengan mengkonsumsi Obat Kanker Serviks alami yang terbuat dari bahan-bahan alami sehingga tidak membahayakan.

Baca Juga : Pengobatan Kanker Serviks

  • Stadium Lanjut/Akhir

Stadium lanjut merupakan stadium yang sudah berbahaya dan harus sudah mendapatkan penanganan, gejala yang sering dialami penderita dapat dilihat dari fisik, bentuk serta perasaan yang muncul. Berikut ini adalah gejala kanker serviks stadium lanjut :

  1. Sakit punggung yang tidak tertahankan
  2. Nyeri tulang dan badan terasa linu
  3. Mudah lelah dan cape
  4. Keluar urine/feses daru vagina
  5. Nyeri kaki dan sering mudah pegal
  6. Kehilangan nafsu makan
  7. Nyeri pada bagian panggul
  8. Kaki membengkak
  9. Berat badan terus menurun

Penyakit Kanker Rahim sangat berbahaya dan dapat berujung kematian, oleh karena itu lakukan pola hidup sehat dari mulai sekarang. Semoga artikel ini dapat menambah wawasan anda. SEMOGA BERMANFATT

Incoming search terms:

  • ciri-ciri kaki bengkak karena kanker serviks