Manfaat Musik Mengatasi Parkinson Manula

Manfaat Musik Mengatasi Parkinson Manula

Musik merupakan salah satu terapi mudah dilakukan dan efektif untuk mengatasi gangguan degenerasi otak seperti parkinson. Parkinson umumnya menyerang kalangan manula dan sebagian kalangan dewasa yang masih muda.

Gejala umum yang terlihat adalah adanya tremor atau gemetar saat keadaan istirahat serta gangguan pada pergerakan atau pun untuk berdiri. Sistem motorik tubuh fungsinya menurun yang mengakibatkan pengidap parkinson terjatuh.

Melalui terapi musik khususnya musik ritmik dimana dengan hal ini membantu penderita mengawali pergerakan. Ibaratkan kata seperti bayi yang mulai berjalan memerlukan bimbingan dan latihan. Sama halnya dengan penyandang parkinson pada manula yang memerlukan musik untuk alat bantuannya.

Terapi melalui musik dapat meringankan kekakuan otot yang sukar dilakukan bagi penyandang parkinson. Dengan memulai pergerakan dapat melatih bergerak sekaligus mengasah bakat dalam seni.

Studi ilmiah lain mengatakan dengan bahwa dengan mendengarkan musik dapat berdampak positif pada sistem memori otak dan penglihatan. Menurut pakar kesehatan menguraikan hanya dengan mendengar musik dapat mempengaruhi reaksi lebih bagi tubuh dan pikiran serta beberap fungsi otak dapat aktif kembali. Selain itu berhubungan dengan reward atau inti otak terhadap rangsangan yang positif bagi tubuh misalnya makan, minum dan sebagainya.

Adapun manfaat lainnya yang berhubungan dengan gejala parkinson diantaranya sebagai berikut :

  1. Menjadikan lebih fokus.
  2. Meningkatkan kemampuan berjalan.
  3. Membentuk mental yang positif.
  4. Memperbaiki suasana hati.
  5. Mengendalikan jantung, pernafasan.
  6. Memperbaiki pendengaran.

Demikian uraian kali ini mengenai manfaat musik untuk mengatasi parkinson pada manula. Semoga bahasan kali ini dapat bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *