Ramuan Obat Herbal Pereda Sakit Saat Menstruasi

Ramuan Obat Herbal Pereda Sakit Saat Menstruasi

Hampir setiap bulan semua wanita yang belum mamasuki masa menopause pasti akan mengalami haid atau sering disebut dengan menstruasi. Siklus bulanan tersebut sering kali memberikan dampak rasa sakit. Mulai dari daerah perut yang terasa seperti kram, seluruh bagian tubuh yang sering pegal dan disertai juga dengan perubahan emosional yang labil. Berbagai cara pun akan dilakukan untuk mengatasi rasa sakit tersebut. Salah satuinya adalah dengan cara yang sering dilakukan dengan mengonsumsi minuman atau ramuan obat herbal dari tanaman atau tumbuh-tumbuhan.

Menurut dokter spesialis kandungan dan kebidanan dari Sriwijaya Palembang telah mengatakan bahwa obat herbal yang sudah melalui uji klinis ini bisa dipakai untuk meredakan sakit saat menstruasi.

Perlu anda perhatikan juga tentang tata cara pembuatan dan penggunaannya, salah satunya jangan dicampur dengan obat kimia. Walaupun memang ingin dikonsumsi secara bersamaan, sebaiknya ikuti petunjuk dari dokter dan perlu diketahui juga tentang efek yang akan ditimbulkan. Anda juga perlu mengetahui apa penyebab nyeri haid yang sering dirasakan, apakah karena adanya gangguan hormonal atau adanya masalah kesehatan lainnya.

Beberapa bahan obat herbal yang bisa dijadikan ramuan herbal untuk meredakan sakit menstruasi :.

Lidah buaya

Lidah buaya pada umumnya mampu meluluhkan darah haid sehingga haid menjadi lebih lancar

Kunyit

Tanaman sayuran kunyit ini diyakini bisa mengurangi rasa sakit saat haid seperti kram dan pegal

Kencur

Kencur juga diyakini oleh para peneliti mampu melancarkan menstruasi

Daun teratai

Para ilmuan mempercayai bahwa daun teratai ini bisa mengurangi jumlah darah menstruasi yang berlebihan

Pepaya

Buah pepaya ini bisa melancarkan menstruasi. Mengonsumsi buah pepaya setiap hari kurang lebih selama satu minggu sebelum datangnya menstruasi sangat baik untuk menghindari nyeri saat menstruasi

Biji wijen

Biji wijen ini dipercayai bisa melancarkan menstruasi. Rendam segenggam biji wijen dalam air hangat, lalu minum airnya pada keesokan harinya.

Bahan-bahan herbal yang diatas perlu dikonsumsi dengan cara yang tepat. Apabila anda mengonsumsinya dalam bentuk jamu, harus dipastikan jamu tersebut, terbuat dari bahan yang segar dan dibuat dengan cara yang higenis. jangan sampai dengan mengonsumsi obat herbal justru malah akan memperparah nyeri haid anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *