Category Archives: tips anak

Bahaya Obat Batuk Codein Pada Anak

Bahaya Obat Batuk Codein Pada Anak Yang Sudah Dilarang

Sekarang obat pereda nyeri serta batuk berjenis codein sudah dilarang untuk digunakan pada anak. Bukan hanya tidak efektif, akan tetapi obat jenis ini dapat mengakibatkan efek samping yang fatal.

Codein ini merupakan jenis obat yang sudah lama diresepkan dokter. Dimana obat ini sering digunakan untuk menghilangkan nyeri pascaoperasi pengangkatan amandel dan adenoid.

Kajian terbaru dari FDA atau badan pengawas obat dan makanan AS mengatakan bahwa ada sekitar 64 kasus anak yang mengalami napas yang lambat dan 24 kematian terkait dengan obat ini, termasuk 21 kematian pada anak usia kurang dari 12 tahun.

Secara umum efek samping fatal codein atau bahaya obat batuk codein pada anak ini ditemukan pada anak kecil yang mendapat kombinasi codein dan asetaminofen sesudah operasi.

Anak obesitas atau anak yang sering menderita gangguan pada malam hari sangat berisiko mengalami efek samping serius dari codein. Dan para dokter mengatakan bahwa tidak ada bukti kuat yang menunjukkan obat ini efektif.

Hal yang menjadi masalah yaitu cara codein diproses dalam tubuh. Dimana obat ini akan diubah oleh liver menjadi morfin yang bisa mengurangi rasa nyeri.

Akan tetapi perbedaan genetik bisa memicu liver membentuk terlalu banyak ataupun terlalu sedikit morfin. Apabila jumlah terlalu sedikit berarti obat ini tidak bekerja secara efektif. Sebaliknya, apabila berlebihan akan berbahaya karena bisa mengakibatkan nafas menjadi lambat bahkan kematian.

FDA sudah mewajibkan perusahaan farmasi untuk mencantumkan peringatan keras pada obat ini serta menyarankan dokter tidak lagi memberikan codein pada anak sesudah operai pengangkatan amandel.

Sebagian besar Rumah Sakit di AS sudah menyarankan dokter untuk berhenti meresepkan obat codein ini. Orang tua juga perlu berhati – hati memberi obat pada anak. Apalagi memberi obat flu serta batuk yang dijual bebas yang mengandung codein didalamnya tanpa konsultasi dengan dokter.

Incoming search terms:

  • obat codein

Cara Mengatasi Demam Tinggi Pada Anak

Demam bukanlah satu buah penyakit tapi adalah satu buah gejala. Demam berjalan disaat system kekebalan badan sedang berperang melawan infeksi. Dalam istilah medis, satu orang dinamakan menderita demam bila suhu tubuhnya mencapai 37,5° celcius atau lebih.

cara-mengatasi-demam-tinggi-pada-anak

Tips pengobatan demam tinggi yg tercepat, sesuai,& gampang buat mengetahui apakah anak Kamu sedang demam merupakan bersama periksa suhu tubuhnya. Sensor suhu badan dilakukan dgn memanfaatkan termometer. Jangan Sampai bergantung terhadap rabaan tangan utk mengukur demam. Suhu anak sanggup saja lebih tinggi dari yg diperkirakan.

Anak-anak tidak jarang mengalami demam & kepada umunya penyebab demam bukanlah satu buah factor yg bersifat serius atau gawat. Terhadap biasanya kasus, demam dapat menghilang bersama sendirinya.

Keadaan demam itu sendiri sebenarnya mempunyai fungsi & manfaat kepada badan. Bersama meningkatnya suhu badan, system kekebalan badan bakal lebih langsung dalam memproduksi antibodi & menggandakan sel darah putih yg difungsikan utk melawan mikroorganisme penyebab infeksi. Tidak Hanya itu, suhu badan yg lebih tinggi bisa juga menghambat perkembangan bakteri atau virus dalam badan.

Demam dapat paling sering berjalan terhadap bayi di bawah lima th di bandingkan kepada anak yg lebih lanjut usia. Factor ini karena system kekebalan kepada bayi belum terbentuk bersama baik. Demam yg tinggi atau berkelanjutan kepada bayi butuh diwaspadai sebab system pengaturan suhu badan mereka belum berkembang bersama sempurna.