Tips Dan Cara Mencegah Penyakit Diabetes Pada Anak

Diabetes atau kencing manis merupakan suatu penyakit yang di tandai dengan melambungnya kadar gula darah di dalam tubuh, akibat terjadinya resistensi terhadap insulin ataupun adanya gangguan yang terjadi pada prankeas. Penyakit diabetes kini berada pada urutan ke-5 sebagai penyakit yang mematikan setelah penyakit jantung dan kanker. Penyakit inipun dapat menyerang siapa saja dan tidak mengenal usia. Termasuk anak-anakpun dapat terserang oleh penyakit ini. Bahkan sebuah laporan mengatakan, bahwa penderita diabetes pada anak semakin meningkat dari tahun ketahun dan menjadi keprihatinan yang besar. Ini mempertandakan bahwa rendahnya tingkat kesadaran orang tua dalam megenal penyakit diabetes apada anak maupun remaja.

Tips Dan Cara Mencegah Penyakit Diabetes Pada Anak

Tips dan cara mencegah penyakit diabetes pada anak

Secara umum diabetes sendiri terbagi ke dalam 2 tipe yaitu diabetes tipe 1 dan diabetes tipe 2. Keduanyapun beresiko dapat di alami oleh anak. Meski masih berhubungan dengan gula darah, namun keduanya dapat dibedakan dari penyebabnya yang mencolok. Tipe 1 sendiri di sebabkan akibat adanya gangguan pada prankeas yang menyebabakan kadar insulin yang di hasilkan sangat sedikit. Sementara tipe 2 sendiri di sebabkan resistensi insulin, yang terlihat pada anak-anak yang mengalami obesitas dan riwayat keluarga yang mengalami diabetes.

Meski kini banyak pengobatan dengan teknologi canggih ataupun obat diabetes alami untuk mengatasinya, namun peran orang tua sangat di butuhkan untuk memperhatikan kesehatan anak anda agar mereka bisa terhindar dari penyakit diabetes sangatlah penting. Karena ibarat pepatah bilang mencegah lebih baik dari pada mengobati. Dan berikut kami akan merekomendasikan beberapa tips dan cara mencegah penyakit diabetes pada anak.

Tips dan cara mencegah penyakit diabetes pada anak

1. Pola makan yang sehat

Diabetes tipe 1 pada anak tidak dapat di cegah namun dapat di kelola dengan baik. Para orang tua dapat membantu si kecil untuk mengurangi komplikasi diabetes 1 melalui mempertahankan kontrol gula darah yang baik serta melakukan diet sehat. Ingat perubahan kecil dapat membuat perbedaan yang besar. Sehingga sekecil apaun perubahan gaya hidup menuju lebih sehat dapat membantu mengurangi resiko anak anda mengalami diabetes.

Terapkan kepada anak anda diet sehat yang kaya akan buah-buahan, sayuran dan biji-bijan. Sementara itu, anda juga perlu membatasi bahkan menghindarkan makanan cepat saji yang sangat di minati oleh anak seperti junk food, mie instan, burger, minuman bersoda, serta makanana atau minuman yang mengandung gula tinggi lainnya. Pilihlah makanan yang mengandung kalori dan lemak rendah demi kesehatan anak anda.

2. Rajin berolahraga

Selain makanan, anda juga perlu untuk mendorong anak selalu berolahraga secara teratur . Remaja dan anak-anak setidaknya harus melakukan olahraga minimal 60 menit perhari. BatasiĀ  jumlah waktu yang di habiskan untuk menonton tv, bermain komputer atau bermain game. Hal tersebut dapat memabntu mengurangi kenaikan berat badan tyang dapat memicu timbulnya diabetes tipe 2.

3. Menjaga berat badan

Obesitas merupakan salah satu momok yang sang dapat memicu komplikasi berbagai penyakit. Selain dari pada berolahraga teratur, andapun dapat berkonsultasi dengan para ahli gizi, untuk menentukan berat badan ideal serta jenis diet yang aman untuk anak anda. Selain anak memerlukan kalori serta nutrisi untuk pertumbuhan mereka, namun kelebihan berat badan harus di hindari dengan pola makan yang sehat untuk menghindari munculnya diabetes tipe 2.

Nah itulah tips dan cara mencegah diabates pada anak yang dapat kami sampaikan pada kesempatan kali ini. Semoga apa yang kami sampaikan dapat bermanfaat untuk anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *